Friday, May 26, 2017

Macam-macam desain lampu dokar atau lampu delman yang unik..

Jika anda sedang berwisata ke Yogjakarta sempatkanlah sekali-kali naik delman roda empat. Delman roda empat atau sering disebut kereta kencana merupakan salah satu alat transportasi tradisional yang cukup populer sebagai wahana atau kendaraan liburan di kota Gudeg.



Pada jaman dahulu, kereta kencana ini adalah kendaraan yang sifatnya eklusif karena hanya keluarga kerajaan atau petinggi-petinggi kerajaan yang boleh memilikinya. Oleh sebab itu, existensi kendaraan ini tidak banyak lagi atau terbatas.

Bentuk kereta kencana sebenarnya tidak jauh beda dari bentuk dokar biasa. Yang paling mencolok mungkin hanya komponen jumlah roda dan banyaknya kuda penariknya. Secara fungsional masih mirip karena keduanya berupa wagon / kereta yang ditarik oleh beberapa kuda.


Memang secara estetika, kereta kencana lebih cantik dan elegan. Namun tidak dapat dipungkiri dua-duanya adalah kendaraan jaman dulu yang masih sangat eksotis untuk di nikmati oleh mata.

Nah, yang paling unik adalah soal lampu dokar / keretanya. Belum lama ini banyak sekali orang memburu jenis lampu delman untuk dijadikan sebagai penerangan hias rumah.

Bentuknya yang manis sederhana dan sudah menjadi patern bagi kendaraan dokar / delman / kereta kencana sehingga banyak yang bilang akan membawa nostalgia tersendiri kemabali ke masa lampau.

Berikut beberapa jenis lampu-lampu dokar yang indah dan menawan..















No comments:

Post a Comment