Monday, June 5, 2017

Variasi cantik lampu-lampu untuk rumah Joglo tradisional..

Jika membicarakan mengenai rumah joglo, pasti umumnya orang akan mengacu pada konsep rumah tradisonal jawa, besar, kayu, dan yang paling penting adalah pilar tiang utama atau sering orang menyebutnya sebagai 'soko guru'.

Selain itu, rumah joglo juga mempunyai berbagai model dan jenis seperti joglo limasan, joglo sinom, joglo pangawit, joglo jompongan dll. Biasanya yang paling membedakan dari beberapa model tersebut adalah bentuk atapnya.


Dalam tradisi orang jawa, rumah adalah salah satu syarat dari  5 filofosi kesempurnaan hidup bagi kaum laki-laki. Dalam bahasa sansekerta diantaranya adalah curigo ( senjata ), wismo ( rumah ), turangga ( kendaraan ), kukilo ( peliharaan/hobi ) dan dilengkapi garwo ( istri ).

Nah, untuk masalah mengenai wismo atau tempat tinggal, rumah joglo pada jaman dulu mempunyai arti lebih dari sekedar tempat berteduh. Joglo juga merupakan simbol status sosial dari para pemiliknya. Semakin besar dan mewah betuk rumah joglo biasanya semakin tinggi dan kaya status kedudukan pemilik dalam masyarakatnya.

Dalam era modern sekarang ini, joglo sudah banyak bertranformasi dalam berbagai fungsi. Joglo kini sudah menjadi konsep barang hobi dan komoditas pasar. Banyak orang membuat rumah joglo tidak lagi pada koridor ke-pakemannya tetapi lebih ke arah estetika dan fungsionalnya.

Jika pada masa dulu joglo memiliki pakem bagian dan ruangan seperti pendopo, pringitan, dalem, sentong, gandok tengen dan gandok kiwo maka batas-batas ruangan tersebut kini sudah tidak ada lagi.

Lepas dari itu, memang perkembangan jaman tidak bisa membendung nilai-nilai filosofi jaman dulu. Waktu yang menggerus kesemuanya itu. Tapi, sebenarnya kali ini bahasannya utamanya bukan mengenai rumah tetapi lebih kepada penerangan rumah joglo sendiri.

Oke, jika melihat sisi rumah joglo sebenarnya terdapat dua bagian yang paling penting sebagai gerbang pintu masuk rumah. Keduanya yaitu teras dan ruang tamu..

Untuk ruang tamu sendiri, ini yang menjadi ciri khas dari sebuah rumah dikatakan sebagai Joglo. Ruang tamu biasanya ditempatkan dibawa 4 pilar utama yaitu soko guru yang menjulang sekitar 5-7 meter atau bisa lebih tergantung ukuran rumah.

Pada jaman dulu center/pusat atas selalu dihiasi denga lampu-lampu minyak dengan ukuran jumbo dimaksudkan agar dapat menerangi seisi rumah. Berikut adalah beberapa contoh lampu-lampu yang cocok untuk penerangan rumah joglo...


keraton solo memakai lampu chalendier


rumah joglo menggunakan lampu cabang klasik



rumah joglo menggunakan lampu kristal


rumah joglo menggunakan lampu chalendier modern


Bagi anda yang sedang mencari lampu-lampu klasik untuk penerangan rumah joglo tercinta. Silahkan bisa di cari di www.djogjaterang.com. Disana menjual lampu-lampu klasik seperti lampu kerek atau lampu katrol, lampu cabang, lampu dinding dan lampu meja dengan harga terjangkau. Selain itu digaransi untuk lampu pecah atau rusak dalam pengiriman.

1 comment:

  1. Gambling in the city: the best and worst casinos in US - Dr
    With a 나주 출장안마 growing 제주 출장마사지 number of jurisdictions accepting gamblers from the U.S. in the last few 아산 출장샵 years, many of the states that legalize online gambling 사천 출장마사지 in 군산 출장마사지 the United States

    ReplyDelete